TERASSULSEL.COM:BARRU-Bencana merupakan sesuatu yang terkadang sulit untuk diprediksi dan bisa terjadi kapan saja.

Hal itu lah yang mendasari PT PLN Indonesia Power Barru POMU menggelar kegiatan Sosialisasi & Simulasi Penanggulangan Bencana Gempa dan Tsunami.

Kegiatan tersebut berkat kerjasama dengan BPBD Kab. Barru, Basarnas Pare-Pare, SMKN 5 Barru, Puskemas Madello, Relawan Akhirat Barru dan Pemerintah Desa Lampoko.

Acara berlangsung selama dua hari yaitu mulai tanggal 11 dan berakhir pada tanggal 12/11/2023 kemarin.

Untuk diketahui Desa lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru merupakan wilayah ring 1 perusahaan PT PLN Indonesia Power Barru POMU.

Kegiatan sosialisasi dipusatkan di Aula SMKN 5 Barru dengan dihadiri oleh berbagai pihak seperti PMR SMKN 5 Barru, Pramuka SMKN 5 Barru, Baznas Siaga Bencana, Pemerintah Desa Lampoko dan Perwakilan Warga Desa Lampoko.

Adapun materi yang diberikan mencakup pertolongan pertama pada korban dan cara menyelamatkan diri ketika bencana terjadi.

Dalam kesempatan tersebut Manager Unit PT PLN Indonesia Power Barru POMU dalam sambutannya mengatakan,

“Bahwa Kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang bagus dan penting untuk dilakukan sebagai langkah – langkah mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana,”jelasnya.

Beliau juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan partisipasi dari berbagai pihak untuk mensukseskan kegiatan ini.

Sementara itu Sekda Kab. Barru DR. Ir. Abustan AB, M,Si yang diwakili oleh Kalaksa BPBD Kab. Barru Umar, S.KM, M.Kes hadir untuk membuka acara tersebut manyampaikan,

“Pemerintah Kab. Barru selalu mendukung kegiatan – kegiatan positif seperti ini dan berharap agar sinergi antara Pemerintah Kab. Barru dan PT PLN Indonesia Power Barru POMU bisa terjalin semakin baik,”Ungkapnya.

Untuk Di ketahui Kegiatan simulasi penanggulangan bencana gempa dan tsunami dilakukan di hari kedua dimulai dengan dibunyikannya sirine pertanda telah terjadi gempa.

Warga kemudian diminta untuk berkumpul dititik kumpul pertama yang berlokasi di depan PLTU Barru.

15 menit kemudian sirine pertanda Tsunami dibunyikan, warga kemudian diarahkan untuk menuju titik kumpul kedua di lokasi yang lebih tinggi untuk kemudian di angkut menggunakan Truck menuju Posko Penanggulangan Bencana Gempa dan Tsunami di SMKN 5 Barru.

Dalam skenario tersebut beberapa warga melaporkan kepada tim bahwa ada beberapa anggota keluarga mereka yang belum berada di lokasi pengungsian.

Tim SAR yang terdiri dari BPBD Kab. Barru, PMR SMKN 5 Barru dan Pramuka SMKN 5 Barru kemudian bergerak untuk menyisir lokasi bencana dan berhasil mengevakuasi korban menuju posko pusat komando.

Kegiatan Simulasi Siaga Bencana Gempa dan Tsunami ini berlangsung dramatis dan dibuat semirip mungkin dengan keadaaan sebenarnya yang diperankan oleh pihak-pihak terkait.

Pihak PT PLN Indonesia Power Barru POMU berharap dengan adanya kegiatan Sosialiasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana Gempa & Tsunami ini, warga desa dan siswa sekolah dapat menerapkan ilmu mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Kegiatan kemudian diakhiri dengan evaluasi kegiatan dan foto bersama.

(Sudi)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *